jump to navigation

Tekuk Fulham, Chelsea Unggul Lima Poin December 29, 2009

Posted by irwanria in Sport.
Tags: ,
trackback

Pekan Ke-20 Liga Premier

Chelsea vs Fulham (© AFP 2009)

London: Chelsea menutup 2009 dengan kemenangan manis. Tertinggal lebih dulu melalui gol cepat Zoltan Gera, Chelsea bangkit mengalahkan Fulham 2-1 di Stamford Bridge, London, Senin (28/12). Gol Didier Drogba dan gol bunuh diri Chris Smalling mengantar Chelsea unggul tiga poin dari Manchester United di puncak klasemen sementara Liga Premier.

Manajer Chelsea, Carlo Ancelotti memanfaatkan Drogba, Salomon Kalou dan John Obi Mikel sebelum terbang memperkuat negerinya di Piala Afrika. Ketiganya menghuni starting line-up. Perubahan dilakukan Ancelotti di lini belakang dengan menurunkan Poulo Ferreira dan Yuri Zhrikov sebagai full-back.

Bos Fulham, Roy Hodgson tetap menurunkan skuad terbaiknya yang tampil mengesankan belakangan. The Cottagers membuat fans Chelsea terdiam di menit keempat. Bola liar sundulan Bobby Zamora yang menyambut umpan silang Paul Konchesky disapu Gera sambil memutar badan. 1-0 untuk Fulham.

Gol tersebut tidak lantas membuat Chelsea menaikkan intensitas serangan. Akan tetapi serbuan pasukan Carlo Ancelotti bisa diredam pertahanan tim tamu. Drogba memperoleh kesempatan menembak namun sepakan mendatarnya mudah diantisipasi Mark Schwarzer, kiper Fulham. Serangan sporadis Fulham juga mampu memberi ancaman. Salah satunya sepakan Clint Dempsey setelah bekerjasama dengan Zamora yang bisa ditepis Petr Cech.

Babak kedua berjalan satu menit kesalahan back-pass Ricardo Carvalho hampir dimaksimalkan Zamora untuk menggandakan keunggulan. Chelsea terus menekan. Strategi Hodgson yang menarik keluar John Pantsil layak dipertanyakan. Pasalnya Pantsil bermain apik mengawal Drogba. Pun demikian dengan keputusannya menarik Gera untuk memasukkan Andrew Johnson.

Sementara Ancelotti pada menit ke-70 menurunkan Daniel Sturridge yang menggantikan Obi Mikel. Selang tiga menit Chelsea menyamakan kedudukan melalui sundulan Drogba. Gol yang diawali umpan diagonal Branislav Ivanovic. Pada menit ke-75 The Blues balik memimpin berkat gol bunuh diri Smalling. Smalling tidak bisa menghentikan laju bola setelah tepisan Schwarzer membentur dirinya.

Tertinggal 1-2, Fulham berupaya menebus. Namun Chelsea justru beberapa kali tampil membahayakan gawang Schwarzer, di antaranya tembakan mendatar Drogba yang melebar dan sepakan Kalou yang menerpa mistar gawang di injury time. Chelsea mengumpulkan 45 poin dari 20 pertandingan dan MU bisa kembali mendekatkan diri jika mampu mengalahkan Wigan Athletic di Old Trarford, Rabu, 30 Desember.(DIM)

Susunan pemain:
Chelsea: Cech; Paulo Ferreira (Ivanovic 65), Carvalho, Terry, Zhirkov (Ashley Cole 84); Obi Mikel (Sturridge 70), Ballack, Lampard, Joe Cole; Drogba (kk), Kalou.
Fulham: Schwarzer; Pantsil (Etuhu 67), Hughes, Smalling, Konchesky; Duff (Riise 85), Murphy, Baird (Riise 85), Dempsey, Gera (Andrew Johnson 71); Zamora.
Wasit: Andre Marriner.


Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a comment